GERAKAN CINTA ZAKAT
BAZNAS Prov. Kalimantan Utara

Badan Amil Zakat Nasional Prov. Kalimantan Utara

Pandemi Covid-19, Penerima Zakat di Kalimantan Utara Diperkirakan Meningkat

TANJUNG SELOR – Ketua Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kalimantan Utara atau Kaltara, H Salafa Hepa, mengatakan penerima zakat di Kaltara diperkirakan bertambah tahun ini.

Hal itu merupakan salah satu imbas dari pandemi covid-19 atau virus Corona yang merebak di tanah air sejak tiga bulan terakhir. Di Kaltara sendiri, hingga saat ini telah ditemukan 159 kasus terkonfirmasi covid-19.

“Pengaruh pandemi covid-19 ini luar biasa, di saat yang sama penerima zakat ini diperkirakan bertambah. Kami juga akan mendata kelompok yang terdampak covid-19, seperti pedagang kecil, karyawan yang dirumahkan, warga miskin, muallaf, dan penerima zakat lainnya,” kata Salafa Hepa.

Meski tidak merinci peningkatan jumlah penerima, namun penerima zakat bisa dilihat dari beberapa tahap pemberian bantuan oleh pemerintah di tengah pandemi covid-19. Salah satu contohnya di Tarakan, yang jumlahnya sekitar 10 ribu jiwa lebih.

“Kalau jumlah pastinya ada di masing-masing Baznas Kabupaten, tetapi melihat warga yang terdampak covid-19 ini, tentu akan mempengaruhi jumlah penerima zakat. Virus Corona ini mempengaruhi segala sendi kehidupan, makanya zakat yang terkumpul akan didistribusikan sebaik-baiknya. Kita berharap, zakat yang akan disalurkan nantinya, bisa membantu warga menyambut hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Salafa menambahkan salah satu kelompok penerima zakat yakni muallaf, atau orang yang masuk islam. Jumlahnya di Kaltara, kata dia, juga sangat besar.

“Untuk muallaf itu tidak memandang dia kaya atau miskin, mereka merupakan orang yang berhak menerima zakat. Itu sudah didata semua oleh Baznas di kabupaten kota, dan kita akan berikan pula zakat,” ujarnya.

Sementara itu, tahun ini Baznas Kaltara menargetkan jumlah zakat sekitar Rp 3 miliar lebih. Target tersebut sesuai rencana kerja dan anggaran tahunan ( RKAT ) Baznas Kaltara.

Sumber : kaltim.tribunnews.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *